Definisi Kata 'BODOH' Menurut Saya



Bodoh bukan masalah otak dalam pengolahan kognisi atau rendahnya IQ (Intelligence Quotient) yang biasanya kerap ditandai dengan rendahnya kemampuan individu dalam berfikir dan melanar sesuatu. Bodoh bukan masalah rendahnya nilai dalam suatu pelajaran atau ujian. Bodoh juga bukan masalah kemampuan seorang individu menangkap dan mengartikan stimulus yang masuk pada dirinya, bodoh bukan berjalan pada lingkup-lingkup tersebut.

Dalam ranah ilmu Psikologi, tidak ada istilah bodoh untuk menggambarkan kasus-kasus yang telah tersebutkan diatas. Artinya, mereka bukan penyandang predikat bodoh, tapi mereka adalah seseorang yang memiliki kemampuan dibawah standar atau di bawah rata-rata. Hal ini menunjukkan adanya penghargaan kepada harkat dan martabat manusia.

Kita jelaskan dengan contoh. Si A, adalah orang yang memperoleh nilai dibawah standar minimal kelulusan, sehingga ia sering harus mengulang mata kuliah yang telah gagal ia tempuh nilainya. Dalam diskusi kelas, ia sering merasa kesulitan dalam menangkap maksud dari presentator dan sulit mencerna materi untuk diasosiasikan dan dikembangkan sendiri. Tapi si A mempunyai sifat dan sikap 'menerima' informasi yang ditujukan kepadanya. Ketika ia salah dalam mempersepsikan sesuatu dan ada yang mengkritik serta mengkoreksi persepsinya, ia bersikap terbuka dalam menerima sesuatu yang memang belum diketahuinya. Dalam dirinya, terdapat suatu sikap kesadaran akan ketidakmampuannya dalam mempersepsikan sesuatu, sehingga menjadikan masukan, kritikan dan koreksi sebagai alat untuk berbenah diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari yang sebalumnya.

Sedangkan si B, mempunyai kemampuan yang sama dengan si A soal kognisi, tapi mempunyai sikap yang berseberangan dengan si A. Istilah yang sering kita pergunakan untuk kasus seperti ini adalah sombong dan gengsi dalam menerima ilmu. Si B, dalam menganggap kritikan, masukan serta koreksi sebagai suatu pelecehan serta hinaan dari seseorang akan kemampuannya. Ia sering memaksakan opininya meskipun terkadang ia sendiri mengerti akan kesalahannya. Ia sadar jika ia tidak mampu, tetapi bersikap tertutup terhadap 'kebenaran' yang datang datang dari luar. Lebih parah lagi jika ia tidak sadar akan kekurangannya.

merujuk pada kedua contoh subjek di atas, maka manakah orang yang disebut bodoh, dan manakah orang yang disebut sebagai mempunyai kemampuan di bawah rata-rata? Ya. Orang yang dapat dikategorikan sebagai orang yang bodoh adalah si B, yang bersifat 'tertutup' terhadap kebenaran. Dari paparan di atas juga dapat kita petik pengertian bahwa sikap yang ditunjukkan oleh si B adalah suatu bentuk pembodohan pada diri sendiri.

Orang jawa, sering menamakan sikap ini sebagai sikap  "Goblok di mes". 
Goblok: Bodoh, Mes: Pupuk. 
Artinya, memupuk kebodohan. Jika tujuan dalam belajar adalah membunuh ketidak tahuan, maka sikap seperti ini justru memelihara bahkan memupuk ketidaktahuan. Si A, memandang sesuatu dari segi positifnya, sedangkan si B, memandang sesuatu dari segi negatifnya.

Pilihan ada di tangan setiap individu dalam menjalani kehidupannya, tak terkecuali dalam hal ini. Semua tindakan akan menimbulkan konsekuensi sendiri-sendiri. Pertimbangkan dahulu apa yang menjadi sisi negatif dan positif dari tindakan yang akan kita lakukan, dan lakukan apa yang anda pilih sesuai dengan planning yang sudah dirancang sebelumnya.
Mas Hendra

Author :

Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Definisi Kata 'BODOH' Menurut Saya. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada , 1 Like pada Facebook, dan 1 Follow pada Twitter. Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran silahkan tulis pada kotak komentar yang sudah disediakan.
Share Artikel

Belum ada komentar untuk "Definisi Kata 'BODOH' Menurut Saya"

Posting Komentar

Teman.

Back to Top